PENTINGNYA PEMETAAN SOSIAL (SOCIALMAPING) SEBAGAI PETA JALAN (ROAD MAP) PENYELENGGARAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN TAMBANG
Keywords:
Pemetaan Sosial, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Perusahaan TambangAbstract
Abstrak
Tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan (TJSL) merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap komunitas lokal. Progam TJSL yang dijalankan terkadang tidak didahului dengan pemetaan sosial sehingga kurang terarah dan kurang dirasakan manfaatnya bagi masyakarat lingkar tambang. Bagi perusahaan tambang, TJSL berifat wajib dan harus dianggarkan dalam angaran perusahaan. Supaya TJSL tepat sararan maka sebaiknya dilakukan pemetaan sosial sehingga didapatkan potret kebutuhan yang sebenarnya dari masyarakat lingkar tambang dan potensi yang dimiliki masyarkat lingkar tambang. Program pemetaan sosial merupakan kegiatan untuk menemukan dan menggali kondisi sosial budaya masyarakat lokal/sekitar atau disebut juga sebagai kegiatan orientasi sosial dan wilayah sasaran. Hasil pemetaan sosial perlu menyerap aspirasi para stakeholder khususnya masyarakat lingkar tambang dengan dimediasi oleh pemerintah desa setempat.
Kata Kunci: Pemetaan Sosial, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Perusahaan Tambang.
Abstract
Corporate social and environmental responsibility (TJSL) is a form of the company's commitment to the local community. The TJSL program that is implemented is sometimes not preceded by social mapping so that it is less focused and the benefits for the community around the mine are not felt. For mining companies, TJSL is mandatory and must be budgeted for in the company's budget. In order for TJSL to be accurate, social mapping should be carried out so that a portrait of the actual needs of the community around the mine and the potential of the community around the mine can be obtained. The social mapping program is an activity to find and explore the socio-cultural conditions of the local/around community or also known as social orientation activities and target areas. The results of the social mapping need to absorb the aspirations of stakeholders, especially the people around the mine, mediated by the local village government.
Keywords: Social Mapping, Social and Environmental Responsibility, Mining Companies.